Skip to main content

JASA RAHARJA


Jasa Raharja Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Balikpapan.Bekuk. PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Timur Selasa (19/6) bertempat di Hotel Bintang Balikpapan kembali menggelar pelatihan kewirausahaan mitra binaan perusahaan sebanyak 30 usahawan kecil selama dua hari berturut-turut.

Pelatihan tersebut merupakan yang ke sekian kalinya sejak tahun 1990 sebagai pengembangan kepedulian social PT Jasa Raharja Cab Kaltim dalam tahun 2007. Pelatihan ini bertajuk pengembangan kewirausahaan dalam penyaluran pendapatan laba perusahaan BUMN sebesar 6 % bagi usaha kecil kerakyatan yang ada disekitar wilayah perusahaan.

Dalam penyaluran dana tersebut hingga memasuki tahun 2007 perusahaan Jasa Raharja sudah mengucurkan dana pinjaman lunak kepada pengusaha kecil di Kaltim sebesar Rp.750 Juta, meningkat sebesar Rp 100 Juta tahun ini dibandingkan tahun 2006 lalu hanya sekitar Rp.650 Juta. Laba tersebut perolehan perusahaan secara Nasional pada akhir tahun 2006 lalu, dan disalurkan pada bulan September mendatang.

Sebelum penyaluran pinjaman dana lunak dengan suku bunga sekitar 6-8 % disalurkan kepada pengusaha kecil, perusahaan Jasa Raharja lebih awal memulai dengan pembekalan pelatihan kewirausahaan kepada para calon penerima pinjaman, agar dalam pengelolaan dan penggunaan dana pinjaman benar benar dipergunakan untuk membantu tambahan modal bagi mereka.

Pelatihan kewirausahaan mitra binaan PT Jasa Raharja, menghadirkan Dosen khusus dari Perguruan Tinggi Universitas Mulawarman Samarinda selama dua hari memberikan terapan ilmu kewirausahaan kepada mitra binaan Jasa Raharja tegas Dicki Ginanjar SE Kepala Humas Jasa Raharja Kaltim mendampingi Kacab Jasa Raharja Kaltim H.Maruli Lubis SE saat usai pembukaan diklat kewirausahaan mitra binaan yang diselenggarakan di Ball Room Hotel Bintang Balikpapan Jl Jend Sudirman Balikpapan pagi tadi (19/6).

Menurut keterangan Dicki peserta mitra binaan kali ini terbagi dari beberapa daerah dan Kota di Kaltim diantaranya Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara juga sebahagian dari Penajam Paser Utara dan Kab Pasir.Sementara untuk daerah lainnya di Kaltim masing-masing melalui Kantor Layanan Jasa Raharja yang ada di daerah ujarnya lagi.

Harapan dilaksanakannnya pelatihan tersebut agar mitra binaan mampu mengangkat perbaikan ekonomi melalui usaha kecil yang digeluti agar dapat berhasil sebaik mungkin. Kesusksesan mitra binaan dalam menjalankan usahanya merupakan kebanggaan perusahaan yang telah membina sebanyak 275 usaha kecil di Kaltim, dari 275 mitra binaan perusahaan hanya sekitar 30 mitra binaan yang mendapat perioritas mendapatkan pinjaman tahun ini sebesar Rp.25 juta dan sebahagian lainnya hanya sebesar Rp 5 Juta- 10 Juta.


Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Simantan

Layanan IMTN Balikpapan dengan Aplikasi Simantan "Ribet" Balikpapan, Layanan pembuatan surat tanah di Kota Balikpapan dari biasanya secara manual dari Surat Segel yang dimiliki warga kota diurus melalui Kantor Kecamatan disemua Kecamatan se Kota Balikpapan dari luas  tanah 5000 m2 kebawah, sedangkan luas tanah 5000 m2 keatas diurus melalui Kantor Dinas Pertanahan Kota Balikpapan yang ditujukan Kepada Walikota Balikpapan. seiring perjalanan dari waktu ke waktu tak banyak memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Kendala yang dialami diantaranya lambatnya proses layanan dan pemberian jadwal untuk pengukuran serta pembuataan dokumen penyelesaiaan imtn lainnya dinilai Lambat dan menjenuhkan. Pemberian jadwal serta fasilitas lainnya masih terkesan sesuka hati petugas yang melayani.sehingga warga yang mengurus selalu bolak balik kekantor DPPR atau Kekantor Camat untuk mengecek surat tanahnya sampai 1 tahun waktu berjalan. Komunikasi petugas dan warga yang mengurus di...

sertifikat tanah

Pengurusan Sertifikat tanah pada intinya sebenarnya tidak sulit seperti yang dibayangkan masyarakat, warga kota Balikpapan bisa mengunjungi kantor Badan Pertanahan Nasional setiap hari kerja dan memperoleh penerangan informasi tentang pengurusan sertifikat. Kepala Kantor (Kakan) BPN Balikpapan Ir Yamin Samekto kepada Harapanbaru menjelaskan tidak ada kesulitan yang dibuat oleh Kantor BPN terhadap masyarakat yang ingin mengurus sertifikat tanahnya sepanjang tanah yang dimohon memenuhi asas dan peraturan yang berlaku. Tudingan sulitnya mengurus sertifikat yang sering ditujukan kepada BPN selama ini adalah tanah-tanah yang dimohon tidak cukup persyaratan atau sedang bermasalah dan inilah yang membuat mengapa proses pengurusannya lama dan memakan waktu berbulan-bulan. Kinerja pegawai BPN adalah standar nasional tanpa pengecualian artinya" jika mengurus surat tanah atau sertifikat sebaiknya penuhi aturannya dan jalankan mekanisme prosedure yang berlaku,tetapi jangan melanggar apa yang ...

Reboisasi

Dana Reboisasi PPU 2010 Temuan   Pemeriksa Berdasarkan lhp bpk ri, Laporan Realisasi Anggaran TA 2010 sebelum diperiksa, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara merealisasikan anggaran belanja sebesar Rp1.035.617.378.996,73 atau 81,12% dari yang telah dianggarkan senilai Rp1.276.600.678.000,00. Diantara realisasi belanja tersebut, terdapat realisasi untuk belanja pegawai sebesar Rp260.293.964.290,00 dan belanja barang sebesar Rp193.147.062.889,73. Pemeriksaan secara uji petik atas realisasi belanja langsung pada Dinas Kehutanan, Perkebunan dan Pertambangan Kabupaten Penajam Paser Utara diketahui terdapat realisasi belanja untuk pembayaran pengadaan barang dan jasa kegiatan reboisasi pada Kawasan Hutan di Semoi III senilai Rp 6.459.150.000,00. Kegiatan reboisasi dilaksanakan pada hutan konservasi taman hutan raya (tahura) Bukit Soeharto sekitar 10.000 hektar yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Penajam Paser Utara. Pelaksanaan kegiatan reboisasi TA...