Skip to main content

Aplikasi Simantan

Layanan IMTN Balikpapan dengan Aplikasi Simantan "Ribet"

Balikpapan, Layanan pembuatan surat tanah di Kota Balikpapan dari biasanya secara manual dari Surat Segel yang dimiliki warga kota diurus melalui Kantor Kecamatan disemua Kecamatan se Kota Balikpapan dari luas  tanah 5000 m2 kebawah, sedangkan luas tanah 5000 m2 keatas diurus melalui Kantor Dinas Pertanahan Kota Balikpapan yang ditujukan Kepada Walikota Balikpapan. seiring perjalanan dari waktu ke waktu tak banyak memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Kendala yang dialami diantaranya lambatnya proses layanan dan pemberian jadwal untuk pengukuran serta pembuataan dokumen penyelesaiaan imtn lainnya dinilai Lambat dan menjenuhkan. Pemberian jadwal serta fasilitas lainnya masih terkesan sesuka hati petugas yang melayani.sehingga warga yang mengurus selalu bolak balik kekantor DPPR atau Kekantor Camat untuk mengecek surat tanahnya sampai 1 tahun waktu berjalan. Komunikasi petugas dan warga yang mengurus dirasakan sangat terbatas, bisa disebabkan banyak nya surat permohonan IMTN  yang masuk dan terbatasnya petugas yang berkompoten dibidang ini. Pemerintah Kota dalam Hal ini belum melakukan pengecekan layanan IMTN dimasing-masing SKPD yang ditunjuk sebagai penyelenggaran pembuatan IMTN. Proses pembuataan IMTN sakral dengan persoalan yang membingungkan serta tidak tuntas informasi yang diberikan kepada pemohon IMTN. 
Secara layanan IMTN  manual masih simpang siur dan terkesan otoriter aparat pemkot yang ditunjuk.  Kesewenangan itu menjadi buah bibir diwarung kopi dibawah pohon dikomunikasikan oleh pemohon yang mengurus IMTN tidak tuntas hingga 1 tahun lamanya. Kini muncul sistim Aplikasi baru yang dikeluarkan oleh Pemkot Balikpapan melalui DPPR Kota Balikpapan bahwa layanan IMTN kini 2018 adalah sistim online Simantan.  bisa dibuka melalui Internet serta mendaftar secara permanen online disana. Orang tua warga kota yang tidak mengenal dunia maya hanya tinggal melongo dan tidak paham aplikasi ini. Kecanggihan teknologi  Aplikasi Simantan di Balikpapan memperlambat layanan permohonan IMTN secara online dan bakal menghabiskan banyak biaya online dan pengadaan fasilitas android  untuk mendaftar permohonan secara online. Demikian dikatakan salah satu praktisi di Balikpapan Sugeng S kepada media ini diruang kerjanya. Sugeng mengatakan kita lihat perkembangannya saja, ribet dan diyakini banyak membingungkan karena  masih diakui masyarakat belum androidme tegasnya. Secara kehati-hatian memang patut dilakukan sebab resiko tanah sangat berpotensi komplik, tetapi  pelayanan tentu harus seimbang Sumber daya petugas yang disediakan terangnya.

Comments

Popular posts from this blog

Post Metro

Rabu, 13 Oktober 2010 , 08:23:00 Kapal Milik Pelindo Terbakar Kena Percikan Api Las, Anjungan Ludes Bagi berita/artikel ini kepada rekan atau kerabat lewat Facebook BALIKPAPAN-Sebuah kapal tunda jenis tugboat Anggada XV milik PT Pelindo terbakar di kawasan dermaga Chevron Kawasan Pelabuhan Semayang, Selasa (12/10) pagi kemarin sekira pukul 09.30 Wita. Kapal tersebut sedang dok tak beroperasi, dilalap api pada bagian anjungan serta dek bawah kapal. Kebakaran tugboat tersebut tak menimbulkan korban jiwa, namun menimbulkan kepanikan orang-orang di pelabuhan. Ratusan warga di pelabuhan berlarian takut terjadi ledakan dalam kapal. Api berhasil dijinakkan kurang dari 30 menit sebelum api menjalar ke dek-dek lainnya, serta peralatan pemadam kebakaran yang ada di dalam kapal Anggada XV. Diketahui kapal ini kesehariannya beroperasi memandu kapal penumpang yang akan sandar maupun bertolak di pelabuhan Semayang. Kapal tersebut sedang dok menjalani perawatan rutin sejak satu bulan lalu. Api diduga

Migas

MELIRIK PERAN CSR TOTAL E&P INDONESIE Oleh : M. Irham Amri TOTAL E&P Indonesie adalah satu di antara beberapa perusahaan Migas di Kalimantan Timur yang mempunyai program pengembangan masyarakat yang dikenal dengan “jargon” CSR (Corporate Social Responsibility). Program ini menjadi sangat penting karena orientasinya mendekatkan perusahaan kepada masyarakat yang bermukim di sekitar produksi. Karena perannya yang strategis, TOTAL yang merupakan produsen gas terbesar di Indonesia ini berupaya mensukseskan program yang telah dilakukan selama 40 tahun. Selama itu, mampukah CSR menjadi lokomotif perekonomian masyarakat pedesaan-Balikpapan-Kaltim? Sejauh apa manfaatnya, berikut penuturannya. Wajah Husein tak seperti biasanya. Ia tampak lebih ceria dan banyak senyum. Karakter pria paruh baya yang dikenal mempunyai tipikal emosional ini berubah sangat drastis. Perubahan ini boleh jadi lantaran ia merasa plong karena proposal yang diajukan beberapa waktu lalu di Total E&P Indo